Selasa, 05 April 2011

Nasabah Citibank Tewas, Tersangka Bertambah

JAKARTA (POs Kota)- Penyidik Polres Jakarta Selatan menetapkan satu lagi tersangka dugaan penganiayaan yang menyebabkan nasabah Citibank, H.Irzan Okta tewas saat negosiasi utang-utangnya di Citibank Menara Jamsostek.
“Pelaku yang kami amankan atas nama Boy Yanto Tambunan yang merupakan pegawai outsourcing Citibank. Ia kami tetapkan sebagai tersangka setelah kami meminta keterangan sejumlah saksi,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Budi Irawan Msi, Sabtu (2/4).

Menurut Budi, tersangka Boy adalah orang yang menyuruh Sekjen Partai Pemersatu Bangsa datang ke Citibank. Namun saat tiba di lantai lima bank asing tersebut, Boy tidak ada. Korban akhirnya ditemui Donald, Henry, dan Arief.Di tempat inilah Irzan Okta tewas setelah sempat mengalami kekerasan fisik dan psikis dari tersangka (Pos Kota, 30/3). Saat itu, korban menanyakan utangnya sebesar Rp68 juta menjadi Rp100 juta setelah ditambah bunga

DPR PANGGIL CITIBANK

Terkait kasus pembunuhan nasabah oleh debt collector, Komisi XI DPR yang membidangi perbankan dan keuangan, akan memanggil pihak Citibank dan Bank Indonesia pSelasa (5/4). Akan dibahas pula tentang pembobolan dana nasabah oleh mantan manajer Citibank Malinda Dee.

“Rapat nanti dalam rangka untuk menertibkan bank-bank, dan sesuai keluhan masyarakat tentang debt collector,” kata Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qosasi. Menurutnya, dua masalah di Citibank tersebut kini menjadi perhatian luas masyarakat, dan terkait keamanan dan kerahasiaan simpanan nasabah. “Citibank dan BI tidak boleh tinggal diam, harus memberi penjelasan.

Sementara, pengamat sosial Radhar Panca Dahana menilai BI harus ikut bertanggung jawab dalam kasus tersebut. Apalagi, bank tersebut tentu berada di bawah pengawasan BI. “Tidak ada alasan bagi BI dengan mengatakan bahwa dia kecolongan. Bagaimana mungkin kasus ini sudah lama terjadi lalu mengatakan bahwa dia kecolongan,” katanya usai diskusi di Cikini, Sabtu (2/4). (tiyo/winoto/B)

2 komentar:

Jam berapa yaa..??